Hindari Penyebab Keretakan Rumah Tangga

Tidak sedikit orang yang mengatakan hidup berumah tangga itu rumit. Sebagian bahkan memutuskan untuk berpisah lantaran sudah tidak ada lagi komitmen, perdebatan yang tak berujung, dan pertengkaran yang terus menerus berlanjut.

Sebenarnya berumah tangga itu mudah asalkan setiap pasangan saling menjalin komunikasi yang baik, membuang ego masing-masing, dan saling mengerti kondisi masing-masing.

Keretakan Rumah Tangga
Hindari hal-hal penyebab keretakan rumah tangga

Penyebab keretakan dalam rumah tangga pun beragam. Dari masalah yang paling besar, hingga hal-hal yang sebenarnya cuma sepele. 

Untuk itu saya mencoba berbagi tentang hal-hal kecil yang harus dihindari sebelum menjadi masalah besar yang dapat menyebabkan keretakan dalam rumah tangga.


Perdebatan Yang Tidak Perlu

Komunikasi adalah adalah hal utama yang harus dijaga dalam membangun keutuhan rumah tangga. Namun terkadang komunikasi menjadi awal dari keretakan rumah tangga. Komunikasi yang buruk bisa menjadi perdebatan yang tak berujung. 

Sebelum menjadi suatu masalah besar yang membuat keretakan dalam rumah tangga sebaiknya hindari perdebatan yang dirasa tidak perlu. Hilangkan ego untuk sementara waktu hingga situasi tidak lagi memanas. Setelah situasi menjadi dingin, lanjutkan kembali perdebatan dengan halus dan lembut tanpa menyinggung perasaan pasangan. Jangan lupa juga untuk saling meminta maaf. 


Menggunakan HP Saat Sedang Bersama Pasangan

Di jaman modern saat ini, handphone (HP) seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, kadang kita sering menggunakan HP untuk bermain game, membaca berita, belanja online dll. 

Disitulah mungkin pasangan menjadi kesal. Mereka merasa dicuekin. Pastinya anda juga akan merasakan hal yang sama, bukan? Untuk itu hindari menggunakan HP saat berdua bersama pasangan. Terutama di saat-saat istimewa, seperti makan malam, berlibur atau saat-saat istimewa lainnya.


Berkomunikasi Dengan Lawan Jenis 

Salah satu penyebab keretakam dalam rumah tangga yang sering dialami oleh setiap pasangan adalah orang ketiga. Kita pasti sering menemui beberapa kasus perpisahan atau perceraian, entah itu selebritis, tokoh-tokoh publik atau bahkan orang terdekat kita. Penyebab yang paling banyak terjadi adalah adanya orang ketiga.

Sebelum pasangan curiga dan menjadi cemburu buta, kita harus terbuka terhadap setiap rekan komunikasi kita, terutama yang berlawan jenis. Mintalah izin kepada pasangan terlebih dahulu sebelum memulai komunikasi dengan lawan jenis. Kalaupun sudah terlanjur atau mungkin komunikasi tersebut sangat penting sehingga tidak sempat meminta izin, ceritakanlah kepada pasangan sebelum pasangan yang mengetahuinya terlebih dahulu.


Mengeluhkan Kondisi Keuangan

Tidak bisa dipungkiri bahwa uang mungkin bisa dikatakan sebagai pemegang kendali kehidupan saat ini. Kondisi keuangan berpengaruh besar terhadap keutuhan dan keharmonisan rumah tangga. Tetapi tidak selamanya memiliki uang banyak dan harta berlimpah mampu membawa kebahagiaan. Justru cobaan yang akan datang. Mulai dari kesetiaan pasangan yang diuji, kebersamaan keluarga yang akan berkurang akibat kesibukan masing-masing dan banyak cobaan lainnya.

Untuk itu sebisa mungkin hindari mengeluhkan kondisi keuangan rumah tangga. Bersyukurlah dengan rezeki yang ada. Untuk suami, carilah nafkah dengan jujur. Tidak penting seberapa besar gaji atau keuntungan yang didapatkan asal diperoleh dengan tulus dan berkah. Sedangkan untuk para istri jangan memperberat beban suami di rumah. Layani suami dengan sabar dan ikhlas karena itu adalah kewajiban seorang istri.


Itulah tadi hal-hal yang harus dihindari agar tidak terjadi keretakan dalam rumah tangga. Semoga bermanfaat dan menambah keharmonisan dalam rumah tangga anda. Amin.



No comments:

Post a Comment